Apa Itu Gamat?

mari mengenal apa itu gamat?
Credit via : www.scuba-equipment-usa.com
Gamat merupakan sejenis hewan yang kalau di Indonesia dinamakan teripang atau sea cucumber dalam Bahasa Inggrisnya. Hewan yang memiliki kurang lebih 1000 spesies ini hidup di dasar laut. Namun, tidak lebih dari 40 spesies yang bisa dijadikan bahan makanan. Salah satu spesies Gamat yang terkenal untuk konsumsi dan pengobatan adalah gamat emas ( Stichopus hermanii ).

Jenis gamat emas ( Gamat Gold ) ini mengandung banyak zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Gamat emas biasanya dikeringkan, kemudian bubuknya dipergunakan sebagai lotion atau salep. Bisa juga dipakai sebagai masker wajah dengan mencampurnya dengan tanah liat.

Untuk campuran minuman, gamat emas juga bisa dicampur dengan teh, biasanya untuk menangani keluhan perut. Gamat telah dipercaya selama ribuan tahun sebagai solusi untuk pengobatan luka, bisul, dan memiliki efek menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh. Gamat emas memiliki kandungan zat gizi seperti protein, mineral,omega 3 dan Bio Active Element.

Dikenal Di Tiongkok Lebih Dari 1000 Tahun


Lebih dari 1000 tahun yang lalu, pengobatan Tiongkok kuno sudah menggunakan gamat emas untuk membantu penyembuhan luka, meredakan rasa sakit di persendian, memperlancar sirkulasi darah dan secara umum dikonsumsi sebagai hidangan khusus untuk menjaga kesehatan karena dinilai sebagai ginseng laut.

Bagi masyarakat di Malaysia, khususnya Pulau langkawi, mereka sudah menggunakan gamat untuk mengobati radang sendi, asma, luka bakar, penyakit kulit dan sebagai minyak urut. Dan itu sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Sekarang, manfaat gamat tidak hanya yang telah disebutkan sebelumnya. Penyakit degeneratif seperti hipertensi dan diabetes pun bisa dibantu dengan konsumsi gamat. Selain itu, gamat juga berkhasiat membantu mengatasi masalah paru-paru dan ibu yang mengalami pembedahan (caesar) saat melahirkan.

Bahkan, sekarang produk kesehatan dari Gamat pun banyak beredar di pasaran termasuk di Indonesia. Produknya sudah dikemas dengan baik dan praktis dalam bentuk cair maupun kapsul. Tentu saja, produk-produk dari gamat tersebut sudah dihasilkan dengan dukungan teknologi modern.